Selasa, 06 Juli 2010

Ketularan BisMania

Iseng iseng googling tentang para pecinta bis atau bis mania eh jadi inget jaman tahun awal 90an waktu masih sering kemana - mana naik bis sama alm. bokap dan nyokap. Iseng iseng ah cari gambar gambar bis awal 90an tapi ternyat susah juga terutama cari bis bis sumatra. Memang dulu pake bis tuh paling sering buat pulang ke Aceh atau gak main ke Bandung. Sambil mengerutkan dahi inget inget jaman SD kalau main ke Bandung atau balik ke Aceh naik apa ya??? oh iya kalau ke Bandung waktu jaman terminalnya masih di Cililitan tuh paling sering naik bis Aladin, Parahyangan atau Sangkuriang, akhirnya cari di mbah google ada gak ya fotonya dan alhamdulillah dapet juga yang jadul pula waktu jamannya masih coklat keling tuh warna bus. Gw inget banget tuh bis AC tapi gak ada gundukan mesin AC di atap belakang bis.Selain itu gw juga suka naik yang kramt djati.Ketika Terminal Cililitan Dipindah ke Kp. Rambutan Ane naiknya lebih sering yang Bintang Kejora tau Gagak Rimang. Tapi perlahan ane pindah naik primajasa karena dia melayani perjalanan Bekasi Bandung ane gak perlu ke kp. rambutan lagi deh. Wakti itu ane harus naik yang AC kalau gak yang AC bisa muntah muntah (gaya orang kaya....) dan satu lagi kalau gak yang buatan mercedes bawaannya juga pengen muntah.....

Lain lagi nih kalau pas pulang kampung nan jauh di Aceh, tuh bis gak ada yang lain the one and only ALS kepanjangan dari Antar Lintas Nusantara. Bis ini ciri cirinya adalah selalu ada rumbai rumabai di kaca depan dan selalu penuh dengan barang di atasnya memang ini merupakan ciri ciri dari bis yang melayani jalur sumatra seperti ANS, Kurnia, PMTOH dan yang lainnya kalau ane sih bilang nih bis pada TUA di JALAN bayangin perjalanan kemedan ditempuh kurang lebih 2 malam kalau berangkat senin sore ya rabu siang atau sore baru masuk medan. karena ane tujuannya ke Aceh tepatnya ke Meulaboh biasanya sampai medan ane di jemput sama temen alamarhum bokap Om cuk panggilannya dia yang jemput ke poolnya ALS dan anterin kita ke terminal medan untuk naik bis jurusan Meulaboh ini bisa memakan waktu kurang lebih 18 jam total ya 4 hari 3 malem, maklum jaman segitu tiket pesawat mahal abis selain itu sampai medan atau aceh naik bis bis juga. Sampe sekarang gw juga bingung kenapa nyokap gw selalu turun di medan gak sampe Banda Aceh ada yang bialng si lebih cepat.
Jaman ini tuh ALS gak ada yang ngalahin untuk jurusan Medan dan Banda Aceh dengan 2 orang supir yang saling bergantian dan sambil ngerok padahal tuh biskan bis AC. ditamabh dengan petualangan sedikit ketika kita menyebrang dari merak bakahuni . Dan kita tuh udah kayak keluarga bayangin aja 3 hari 2 malem men bersama pas udah sampe pasti salam salaman. Kalau dari Medan kita naik bis seperti Pmtoh, Melati, Kurnia atau medan jaya.

Yang paling terkenal mah ya PMTOH inilah bis yang masih eksis sampai sekarang selain Kurnia dan Medan Jaya. Bis yang melayani jurusan Medan Meulaboh itu bisnya Tipe yang 3/4 tapi lebih besar dari 3/4 metro mini atau kopaja dan tidak menngunakan mesin Mitsubishi melainkan Mercedes. Ini dikarenakan jalan di tapak tuan yang pas - pasan. Tapi sekarang bis bis itu sudah tidak melayani Meulaboh-Medan dan digantikan dengan jenis L-300. Pmtoh ini terkenal dengan bis tuanya pada saat itu bahkan pernah kita mogok di tengah jalan. Ciri Khas dari bis bis Sumatera adalah adanya tiang di dalam seperti komedi putar dan ada bangku bangku kecil didalamnya untuk penumpang yang tidak kebagian tempat duduk. Sayang gw gak bisa nemuin gambar PMTOH yang jadul adanya yang sekarang yang warnanya udah full hijau semua. Oh iya karena dulu masih jaman DOM maka pas kita pulang di daerah tertentu ada pemeriksaan KTP.
oh iya bagi yang mau gabung sama bismania bisa kunjungi website :
www.bismania.org
millis : bismania@yahoogroups.com

INGIN GABUNG ? :
http://www.facebook.com/bismania?v=info

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar